Kain Microfiber, Pembersih Terbaik Berbagai Barang

microfiber

Share This Post

Saat mobilmu kotor, atau lensa kacamatamu ada bercak pastinya kamua akan mengambil kain lap atau pakai kain baju bekas yang tidak terpakai untuk membersihkannya. Namun, taukah kamu bahwa menggunakan kain microfiber dapat membersihkan kotoran atau debu secara menyeluruh sekaligus menyerap air dengan sempurna dan cepat?

Sebagai salah satu kain yang sering direkomendasiin untuk alat pembersih, kain lap microfiber paling ampuh dalam membersihkan segala jenis kotoran. Nah, sebelum kamu membeli kain microfiber ada baiknya kamu memahami apa itu microfiber, dan jenis kain microfiber.

Apa itu Microfiber? Microfiber adalah serat sintetis yang terbuat dari 80 persen polyester dan 20 persen polyamide. Microfiber memiliki serat yang sangat halus dan memiliki diameter kurang lebih 0,0006mm. Kain ini memiliki tekstur yang lembut, bahkan 10 kali lebih lembut dari kain sutera.

Disebut microfiber karena saat melihat detail kain ini, kamu bisa melihat partikel benang yang sangat tipis, dan dipotong-potong hingga menjadi beberapa bagian. Bisa kamu bayangkan betapa tipis dan lembutnya kain microfiber ini! Benang-benang ini dengan sangat baik mampu menangkap debu, kotoran, bahkan bakteri dengan jumlah yang lebih banyak daripada kain lain pada umumnya.

Tak hanya mampu mengangkat kotoran, namun juga dapat mengangkat air sekali usap sebanyak delapan kali berat kain ini. Secara umum, kain microfiber digunakan untuk membersihkan kotoran. Namun ada variasi microfiber yang digunakan khusus dalam hal tertentu. Berikut adalah jenis-jenis microfiber yang kamu perlu ketahui.

1. Microfiber Ringan

Microfiber ini bertekstur sangat tipis, lembut, dan tahan lama. Jenis microfiber ini paling cocok digunakan untuk menghilangkan kotoran dari permukaan halus seperti kaca jam tangan, kacamata, layar ponsel.

microfiber untuk kacamata
microfiber untuk kacamata

2. Microfiber Berat Sedang

Microfiber ini paling umum terasa seperti handuk. Jenis microfiber ini paling cocok digunakan untuk membersihkan kulit, plastik, batu, atau kayu.

3. Plush

Microfiber ini seperti selimut bulu, serat lebih panjang dan empuk. Jenis ini lebih cocok digunakan untuk detailing, wax polish removal, dan buffing glassware.

4. Double Plush

Microfiber ini terasa super lembut, seratnya lebih panjang dan tebal. Jenis ini lebih cocok untuk membersihkan air yang ada di body mobil.

drying towel detail bahan premium
drying towel detail bahan premium

5. Mikro Chenille

Microfiber ini menggunakan serat tebal namun pendek. Jenis ini biasanya untuk mencuci piring.

6. Anyaman Wafel

Microfiber ini menggunakan dimensi pola tenun wafel. Microfiber jenis ini biasanya digunakan untuk membersihkan debu, mencuci dengan sabun.

Cara Kerja Microfiber

Setelah mengetahui jenis jenis microfiber,penting untuk memahami cara kerja microfiber. Pada dasarnya microfiber saat dilihat dari dekat dan seksama akan terlihat untaian serat yang terbelah. Dalam satu inci persegi kain microfiber, bisa terdapat sebanyak 300.000 helai serat. Setiap helai serat berfungsi seperti pengait yang mengikis kelembapan, kotoran, ataupun bakteri.

Perbedaan Cotton dan Microfiber

Berikut perbedaan dari cotton dan microfiber.

perbedaan microfiber dan cotton
perbedaan microfiber dan cotton

Microfiber :

  1. Tidak ada residu
  2. Menyerap lebih banyak cairan
  3. Memisahkan serat
  4. Lebih awet jika dirawat dengan benar
  5. Membutuhkan pencucian khusus

Cotton :

  1. Meninggalkan residu
  2. Tidak menhilangkan kotoran
  3. Serat berbentuk lingkaran
  4. Membutuhkan periode break-in untuk membubarkan serat kapas dengan benar
  5. Lebih hemat biaya

Saat menggunakan kain lap, penting untuk menggunakan bahan yang aman untuk permukaan yang halus karena kamu pastinya tidak ingin muncul baret-baret pada layar ponsel, body cat mobil atau kaca jendela kamu saat membersihkan.

Untaian serat microfiber yang tipis, sehingga tidak

More To Explore

Osren Headlamp Abrasive 18 gambar2
Blog

Cara Menghilangkan Noda Menguning Pada Mika Lampu dan Speedometer Kendaraan

Punya kendaraan yang tua dengan kaca lampu sudah buram dan menguning karena oksidasi? Atau ingin menghilangkan pecah-pecah pada plastik/mika lampu depan? Semua bisa kamu hilangkan dengan Headlamp Abrasive. Salah satu merek yang memiliki produk tersebut adalah OSREN dengan nama produk OSREN Headlamp Abrasive 18. OSREN Headlamp Abrasive 18 disesuaikan untuk merestorasi (Menghilangkan oksidasi atau warna

Osren Glass Abrasive 15 gambar5
Blog

Menghilangkan Jamur Kaca Dengan Osren Glass Abrasive 15

Ada banyak metode menghilangkan waterspot atau jamur kaca pada kaca kendaraan, namun tidak semuanya diciptakan sama. Ada yang menggunakan cairan Acid (Asam) yang dengan mudah menghilangkan jamur kaca namun bisa merusak kaca seperti berefek berpelangi, buram, dan bergelombang. Sedangkan ada yang lebih aman, namun harus butuh effort dan tenaga. Osren Glass Abrasive 15 diciptakan untuk

Keranjang Belanja
Scroll to Top
× Chat Admin!